Header Ads

Panglima: TNI Siaga 24 Jam di Gunung Agung


SuaraMiliter.Com |
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan pasukan TNI bersiaga 24 jam untuk membantu pengungsi Gunung Agung di Bali. Gunung itu saat ini telah berstatus Awas dan berpotensi meletus kapan saja.

"TNI ada angkatan Darat, Laut, dan Udara, ini masing-masing mempunyai peralatan yang dipersiapkan untuk perang sehingga harus siap siaga 24 jam," kata Gatot kepada wartawan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (28/9/2017).

Gatot mengatakan kapal rumah sakit KRI Dr Soeharso telah diminta bersiaga. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek untuk membantu para pengungsi.

"Ada dapur umum, bisa masak sampai 5.000 porsi, ada rumah sakit lapangan, ada kapal rumah sakit, ada pesawat juga. Ini semuanya kami siagakan kemudian. Apabila setiap saat diperlukan, tinggal kami gerakkan," ucap Gatot.

Hingga kini kondisi Gunung Agung masih berstatus Awas. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat aktivitas vulkanik Gunung Agung terus meningkat dari hari ke hari.

Berdasarkan data PVMBG, Kamis (28/9/2017), tercatat selama 24 jam pada Rabu (27/9) kemarin terjadi 942 gempa. Sebanyak 314 gempa di antaranya adalah gempa vulkanik dangkal.

Dari 942 gempa, sebanyak 564 merupakan gempa vulkanik dalam. Sementara itu, gempa tektonik lokal terjadi sebanyak 64 kali sepanjang Rabu (27/9) kemarin. (sumber: Detik)

No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.