Header Ads

Umat Hindu Yonbekang 2/2 Kostrad Rayakan Hari Raya Galungan


SuaraMiliter.com | 
Galungan adalah hari suci umat Hindu di seluruh dunia yang diperingati setiap 210 hari sekali. Di hari raya Galungan ini, umat Hindu percaya bahwa arwah leluhur yang telah disucikan datang kembali ke rumah untuk memberikan berkat kepada keturunan-keturunannya.

Hari raya Galunggung yang jatuh pada hari tanggal 1 Nopember 2017 lalu dirayakan oleh umat Hindu di dunia termasuk Umat Hindu Yonbekang 2/2 Kostrad. Memperingati hari kebesaran Agama Hindu dengan melakukan ritual persembahyangan ke pura-pura.

Perayaan Hari raya Galungan merupakan simbol kemenangan Dharma (Kebaikan) terhadap Adharma (Kejahatan), hal itu merupakan simbol bahwa tidak ada kejahatan di dunia ini yang dapat menang terhadap kebaikan dalam bentuk apapun, pada kesempataan ini umat hindu Yonbekang 2/2 Kostrad melaksanakan sembahyang di dua tempat berbeda.

Pada pagi hari dilaksanakan di Pura Buring Malang dan Sore hari dilaksanakan di Pura Yonbekang 2/2 Kostrad, pada kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 1 Nopember 2017 yang di pimpin oleh Pelda Made Yasa dan kawan kawan  14 orang. Pelda Made Yasa juga sebagai yang dituakan umat Hindu Yonbekang 2/2 Kostrad.

Disamping itu, Pelda Made Yasa mengatakan bahwa perayaan hari raya Galungan ini dilaksanakan bertujuan untuk menjalin silaturahmi umat Hindu  dan masyarakat Malang Raya dan untuk  mempertebal keyakinan pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Pelda Made Yasa sebagai salah satu Ketua pengurus Pura Yonbekang 2/2 Kostrad juga didaulat untuk memimpin  acara sakral ini di Pura Yonbekang 2/2 Kostrad sedangkan untuk yang ada di Pura Buring Malang di Pimpin oleh Pak Mangku Maruta yang di hadiri sekitar 300 orang umat Hindu Malang Raya, selama kegiatan ini berjalan dengan tertib, penuh hikmah dan lancar.

“Acara seperti ini merupakan salah satu kegiatan Bintal (pembinaan mental) bagi seorang Prajurit dan merupakan sarana Komsos (Komunikasi Sosial) bagi Satuan Yonbekang 2/2 Kostrad," katanya. (Penkostrad/Hadi)

No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.