Header Ads

Ny. Nanny Hadi Tjahjanto Dikukuhkan sebagai Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI


SuaraMiliter.Com | Ny. Nanny Hadi Tjahjanto selaku Ketum Dharma Pertiwi dan Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini dikukuhkan sebagai Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI ditandai dengan Pengalungan Medali oleh Taruna Akmil. Selanjutnya, Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI menyerahkan Stik Penatarama kepada Penatarama I Taruna Akmil, yang digelar dalam acara tradisi pengukuhan di Lapangan Upacara Pancasila Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (16/1/2018).

Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI merupakan gelar yang diberikan Taruna Akademi TNI kepada Ny. Nanny Hadi Tjahjanto selaku istri Panglima TNI, sebagai bentuk pengakuan dan penghormatan. Pengukuhan ini berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/24/I/2018 tanggal 15 Januari 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI.

Acara tradisi pengukuhan dengan melibatkan 548 Taruna Resimen Candra dan Taruna Akmil tingkat 2 s.d. 4, dihadiri oleh Danjen Akademi TN, Aspers Panglima TNI dan Angkatan, Gubernur Akmil, AAL dan AAU, Ibu Taruna (Istri Kepala Staf Angkatan), Ibu Asuh Taruna (Istri Gubernur Akmil, AAL, AAU) serta perwakilan Taruna AAU dan AAL masing-masing lima orang.

Usai acara pengukuhan dilanjutkan Pencanangan Imunisasi Difteri oleh Ketum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto berupa penyerahan Vaksin Difteri kepada Kepala Kesehatan Akmil.  Dalam kesempatan yang sama, juga dilaksanakan penyuntikan Imunisasi oleh dokter Kesehatan Akmil dibantu dokter yang sedang berstatus Siswa Sepa PK kepada 1.090 personel Siswa Mencandra, Akmil tingkat 2 s.d. 4 dan Siswa Sepa Prajurit Karier.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI merupakan suatu kehormatan sebagai istri Panglima TNI.  “Gelar Ibu Kehormatan Taruna adalah jabatan atau gelar yang diberikan oleh Korps Taruna Akademi TNI kepada istri Panglima TNI sebagai bentuk pengakuan dan penghormatan,” ucapnya.

Menurut Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, pengukuhan sebagai Ibu Kehormatan Taruna  Akademi TNI memberikan makna yang sangat dalam dan memiliki pesan moral untuk dapat mengantarkan para Taruna Akademi TNI berhasil melewati fase-fase pendidikan yang sedang dijalankan dengan memperoleh prestasi yang lebih baik. “Kepercayaan yang telah diberikan adalah merupakan suatu kebanggaan sekaligus kehormatan yang tidak ternilai, baik secara pribadi dan keluarga,” katanya.

Ny. Nanny Hadi Tjahjanto selaku Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI menyampaikan rasa bangga atas tekad para Taruna sekalian untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara melalui TNI.  Menurutnya, para Taruna harus dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan prajurit yang tertata secara ketat serta harus tunduk pada norma dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI. “Kalian adalah kader pimpinan masa depan yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap organisasi, moral sosial kemanusiaan dan hukum yang harus dipertanggungjawabkan kepada institusi TNI, masyarakat, bangsa dan negara, yang paling utama adalah kepada Tuhan Yang Maha Esa,” jelasnya.

“Seberat apapun beban kalian dalam mengikuti pendidikan, jangan pernah menyerah dan menjadi beban, tetapi setiap tugas dan latihan yang kalian jalani, hendaknya dapat dijadikan sebagai sebuah tantangan dalam rangka membangkitkan semangat serta motivasi untuk dapat meraih prestasi,” ujar Ny. Nanny Hadi Tjahjanto.

Lebih lanjut Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa untuk memperoleh itu semua, para Taruna perlu mengintegrasikan sikap yang tanggap, tanggon dan trengginas secara serasi dan seimbang.  “Ketiga aspek tersebut di atas hendaknya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik saat di ksatrian maupun di luar ksatrian,” tegasnya.

“Kepada para anak-anakku Taruna TNI, tingkatkanlah semangat juang dan semangat belajar dan berlatih agar menjadi yang terbaik. TNI sebagai medan pengabdianmu yang sebenarnya sudah menunggu ketangkasan militermu untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI,” tutup Ny. Nanny Hadi Tjahjanto mengakhiri sambutannya.

(Puspen TNI/Hadi)

No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.