Header Ads

Satgas Yonif Raider 515 Kostrad Amankan Prosesi Adat Maluku Tengah


SuaraMiliter.Com | Pengamanan merupakan kegiatan utama dari Satgas Yonif Raider 515 Kostrad. Salah satu bukti kegiatan yang dilaksanakan adalah ikut mengamankan kegiatan pembangunan rumah adat Maluku, Selasa (06/01).

Bertempat di Negeri Sirisori Amalatu Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah Satgas Pamrahwan Yonif Raider 515  Kostrad  melaksanakan pengamanan prosesi adat berupa pembangunan Baileo (Rumah Adat).

Pada kegiatan pembangunan Baileo kali ini dihadiri oleh 5 orang anggota Satgas dipimpin Letda Inf Henry A.B selaku Danpos Sirisori Satgas Yonif Raider 515, Raja Negeri Sirisori Amalatu bapak Framy Kesaulya beserta Staf, Ketua Majelis GPM Louhata Damai Pendeta Charles Bembuain beserta anggota, 20 orang anggota Tari Cakalele, 100 orang masyarakat Negeri Sirisori Amalatu.

Rangkaian kegiatan diawali dengan penjelasan tujuan pembangunan Baileo oleh tokoh adat Bapak Edy Liklikwatil. Adapun tujuan dari pembangunan Baileo ini adalah merenovasi rumah adat yang telah rusak. Agar prosesi adat kedepan tetap dapat berjalan dengan baik di Negeri Sirisori dianggap sangat penting dilaksanakannya pembangunan kembali rumah adat ini.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan Tarian Cakalele oleh 20 orang warga Negeri Sirisori Amalatu. Dan prosesi adat pendirian tiang Baileo oleh tukang dan tokoh adat Negeri Sirisori Amalatu.

Henry menyampaikan sangat senang didaulat untuk mengamankan kegiatan seperti ini. “Merupakan suatu kehormatan menjadi saksi prosesi yang sangat langka ini. Dan kami bertugas mengamankan di sini agar prosesi berjalan dengan baik dan lancar,” Pungkas Henry.

(Penkostrad/Hadi)


No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.