Header Ads

Bakamla RI Inspeksi BMN di SPKKL Aceh dan Karangasem


SuaraMiliter.Com | Bagian Pendayagunaan dan Penata Usahaan Barang Milik Negara (BMN) Bakamla RI yang bernaung di bawah Biro Sarana dan Prasana, kembali melakukan Inventarisasi BMN di Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh, Kamis, (3/5/2018).

Kegiatan yang mengusung slogan "Ayo Inventarisasi BMN 2018" ini melanjutkan Inventarisasi BMN yang sebelumnya dilakukan di SPKKL Kupang, April 2018 lalu. Hal ini menunjukkan komitmen Bakamla RI, khususnya bagi Biro Sarana dan Prasarana untuk terus melakukan kegiatan Inventarisasi BMN di seluruh kantor Bakamla RI yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Inventarisasi BMN di SPKKL Aceh yang berlangsung pada 2-5 Mei 2018 turut mensosialisasikan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 181 Tahun 2016 tentang Penatausahaan BMN dan juga program kerja Bakamla RI Tahun 2018.

Beberapa saat sebelumnya, kegiatan Inventarisasi BMN juga dilakukan di SPKKL Karangasem, Bali. Kegiatan yang berlangsung pada 24-26 April 2018 ini, tidak hanya melakukan pemeriksaan aset yang ada di SPKKL Karangasem, tetapi pemeriksaan juga dilakukan pada aset Bakamla RI yang dititipkan ke stakeholder terkait. Dalam hal ini, pemeriksaan Mobile Radar Bakamla RI yang terletak di Lanal Bali, juga tidak luput dari perhatian.

Program "Ayo Inventarisasi BMN 2018" ini bertujuan untuk menyelaraskan pelaporan BMN antara data yang tercatat di dalam aplikasi Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) dan bukti aset di lapangan. Lebih lanjut, kegiatan ini dimanfaatkan juga sebagai wadah pemutakhiran data, pemeriksaan kondisi barang, pembaruan labelisasi dan identifikasi barang. Untuk barang yang kiranya telah rusak berat dapat diusulkan ke arah penghapusan BMN.

"Ayo Inventarisasi BMN 2018" adalah langkah konkret dalam penertiban penatausahaan BMN di Bakamla RI. Adapun kegiatan ini masih akan terus berlanjut sepanjang tahun 2018. Diharapkan komitmen Bakamla RI dalam Inventarisasi BMN Tahun 2018 dapat menghasilkan penatausahaan BMN yang baik dan teratur.

Tim Inventarisasi BMN yang terdiri dari Kasubbag Pendayagunaan BMN Yusnita Budi P., S.E., M.Pd., Staf Layanan Pengadaan Muhammad Triyadi Antapraja, S.E., Staf penatausahaan BMN Alfriani Klasiningtyas, S.E., dan Muhammad Eros Julin, S.Kom., didampingi dan diakomodir dengan baik oleh Kepala SPKKL Aceh Dony Nova R, S.Kom., M.Si (Han)., dan Kepala SPKKL Karangasem Prabu Airlangga, S.Kom.

(Hadi / Bakamla)

No comments

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.